Jumat, 12 Juli 2013

0
Muhammad Lutfi Farid Jumat, 12 Juli 2013

Kegunaan Drive Wiper CCleaner


CCleaner merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat bagi pengguna Windows khususnya bagi pengguna umum yang tidak ingin banyak melakukan maintenance berbelit-belit. Jika anda pengguna CCleaner dan telah mendownload CCleaner versi terbarunya (versi 3) anda akan menemukan fitur baru yang ditawarkan oleh Piriform.com pengembang program CCleaner. fitur ini bernama Drive Wipe yang berada pada Tab Tools. Untuk versi Portablenya bisa di download lewat sini.

Lalu apa fungsinya?. Tentunya kita semua pernah menghapus sebuah file, dan ketika kita menghapus suatu file dalam harddisk kita, secara default Windows hanya menghapus alamat dari file tersebut disimpan, sehingga sebenarnya file tersebut masih ada dan masih menempati ruang di harddisk kita. Nah hal tersebut yang sebenarnya dilakukan Windows sebagai penjagaan bila kita membutuhkan file tersebut, kita tinggal menggunakan program recovery untuk mengembalikan file tersebut, Namun ruang harddisk untuk file ini akan terhapus/ditimpah bila anda memasukkan file baru ke dalam harddisk.

Tetapi beda halnya jika anda ingin file tersebut tidak dapat direcovery oleh program yang sering disebut program rekonstruksi mungkin karena suatu alasan, Bahkan waktu lalu saya sempat mendrivewipe Harddisk saya dan ternyata mengejutkan. Terdapat sekitar 820Mb data yang tertimbun dan tak tanggung tanggung waktu pembersihannya untuk 1 Drive saja waktu itu saya membutuhkan waktu 2jam. Jika anda belum pernah mencobanya maka anda dapat menggunakan fasilitas/fitur ini untuk melakukannya. Secara garis besar :

Cara Penggunaan:
  • Pilih jenis wipe yang sesuai dengan kebutuhan anda (standar adalah free space only)
  • Kemudian tentukan tingkat keamana (security) proses wipe itu sendiri (standar simple overwrite 1 pass)
  • Lalu tentukan drive mana yang akan anda wipe.
  • Setelah itu tekan tombol wipe yang telah disediakan
  • Tunggu proses wipe sa mpai selesai, namun proses ini lumayan memakan waktu.
Kegunaan :
Drive Wipe dapatdimanfaatkan untuk membersihkan media penyimpanan. Bersih-bersih di sini juga berarti membersihkan seluruh data Anda. Bisa digunakan jika suatu saat Anda akan menjual media penyimpanan Anda tanpa menyisakan data di dalamnya sekaligus menghapus jejak datanya.

Kekurangan : 
Gunakan fitur ini secara hati-hati karena ketika Anda salah memusnahkan data pada partisi yang salah juga maka Anda akan kesulitan mengembalikan data tersebut. Untuk itu tentukan partisi yang akan dibersihkan dengan cermat.

Kesimpulan :
Jadi Drive Wiper itu berguna agar file yang telah kita buang/delete tidak dapat direcovery (terserah anda alasannya apa).

Aplikasi ini disarankan untuk dapat meningkatkan kinerja komputer Anda dan jika Anda memiliki dana lebih, bisa mencoba menggunakan CCleaner yang berbayar untuk mendapatkan fitur tambahan dan performa yang lebih baik. Sekian kali ini, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 komentar: